Saya, Ismi Alawiyah dengan NPM yang sama, 23212843 dan masih di kels yang sama,1EB13 akan mencoba membahas mengenai "Organisasi, Pengorganisasian, dan Hal-hal Terkait." Langsung saja, kita mulai tanpa banyak basa-basi supaya tulisan ini lebih berbobot.
ORGANISASI
Kata "organisasi" sebenarnya mempunyai dua makna secara umum. Makna pertama adalah organisasi sebagai lembaga atau kelompok fungional, seperti organisasi perusahaan, sekolah, perkumpulan pecinta buku. Makna kedua merupakan pengertian organisasi sebagai proses pengorganisaian, sebagai suatu cara dalam mana kegiatan organisasi dialokasikan dan ditugaskan di antara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien.PENGORGANISASIAN
Pengorganisasian (Organising) merupakan proses penyusunan struktur organisasi sesuai tujuan organisasi, sumber daya yang dimilikinya, dan lingkungan yang melingkupinya. Terdapat dua aspek terpenting dalam proses penyusunan struktur organisasi, yaknidepartementalisasi dan pembagian kerja. Departementalisasi adalah pengelompokkan kegiatan-kegiatan kerja suatu organisasi agar kegiatan - kegiatan sejenis saling berhubungan dan dapat dikerjakan bersama. Hal seperti ini dapat dilihat pada struktur formal suatu organisasi dan tergambar dalam suatu bagan organisasi. Pembagian Kerja adalah perincian tugas agar setiap individu di dalam suatu organisasi bertanggung jawab dan melaksanakan sekumpulan kegiatan tertentu. Kedua aspek tersebut merupakan dasar pengorganisasian agar organisasi dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.Pelaksanaan proses pengorganisasian yang sukses membuat suatu organisasi dapat mencapai tujuannya. proses ini tercermin pada sturktur organisasi yang mencakup aspek-aspek penting organisasi dan proses pengorganisasian, yakni pembagian kerja, departementalisasi/departementasi, bagan organisasi formal, rantai pemerintah dan kesatuan perintah, tingkat-tingkat hierarki manajemen, saluran komunikasi, penggunaan komite, rentang manajemen dan kelompok-kelompok informal yang tak dapat dihindarkan.
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur Organisai (design of organization) dapat didefinisikan sebagai mekanisme - mekanisme formal sengan nama organisasi terkelola. Struktur organisasi menunjukkan kerangka dan susunan perwujudan pola tetap hubungan - hubungan antara beragam fungsi, bagian, dan posisi, tak luput juga beberapa orang yang menunjukkan kedudukan, tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang berbeda dalam suatu organisasi.
Unsur-Unsur Struktur Organisasi :
1. Spesialisasi Kegiatan
Hal ini berkaitan dengan spesifikasi tugas individual dan kelompok kerja dalam organisasi atau yang dikenal dengan pembagian kerja serta berkenaan dengan penyatuan tugas-tugas itu menjadi satuan kerja/departementalisasi.
2. Standardisasi Kegiatan
Hal ini merupakan prosedur-prosedur yang digunakan organisasi sebagai jaminan kegiatan terlaksana sesuai rencana.
3. Koordinasi Kegiatan
Hal ini menunjukkan prosedur-prosedur yang mengintegrasikan fungsi-fungsi satuan-satuan kerja dalam organisasi.
4. Sentralisasi dan/atau Desentralisasi Pembuatan Keputusan
Hal ini menunjukkan lokasi kekuasaan pembuatan keputusan.
5. Ukuran Satuan Kerja
Hal ini menunjukkan jumlah karyawan dalam suatu kelompok kerja.
JENIS ORGANISASI
1. Organisasi Formal, contoh : Lembaga Pendidikan
2. Organisasi Informal, contoh : Kerja Kelompok
BENTUK - BENTUK ORGANISASI
1. Organisasi Politik, contoh : Partai
2. Organisasi Sosial, contoh : Lembaga Swadaya Masyarakat
3. Organisasi Mahasiswa, contoh : Forum Mahasiswa
4. Organisasi Olahraga, contoh : Football Fans Club
5. Organisasi Sekolah, contoh : OSIS
6. Organisasi Negara, contoh : Gerakan Kewirausahaan Nasional
7. Organisasi Internasional, contoh : UNICEF
Sekiranya, sekian artikel mengenai organisasi, pengorganisasian, dan hal-hal terkait, mohon maaf atas segala kekurangan yang ada baik dalam segi penulisan maupun isi tulisan karena saya sama-sama masih belajar. Semoga semua bisa diambil hikmahnya dan bermanfaat. Amin. Terima kasih atas kunjungannya. Selamat berkunjung kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar